10 Cara Download Kartu Vaksin di Aplikasi Pedulilindungi

Pandemi Covid-19 memang tak kunjung henti, salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan melakukan Vaksinasi. Dimana Vaksinasi juga menjadi beberapa salah satu syarat untuk bisa mengakses fasilitas umum. Maka dari itu bagi kamu yang sudah melakukan vaksinasi haruslah tau cara download kartu vaksin.

Data base melakukan vaksin adalah berdasarkan NIK, jadi saat kamu melakukan vaksinasi jenis apapun selama terdaftar maka akan bisa memiliki kartu vaksin. Kartu vaksin ini lah yang mungkin suatu saat perlu kamu cetak sebagai bukti sudah melakukan vaksinasi.

Pedulilindungi adalah aplikasi resmi dari pemerintah dan dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah guna melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran covid. Sertifikat vaksin bisa di dapat pada aplikasi peduli lindungi jika pengguna sudah melakukan vaksin.

Didalam aplikasi pedulilindungi juga terdapat beberapa fitur menarik lain selain untuk menujukan hasil vaksinasi. Sebut saja adanya fitur untuk mengetahui tingkat penyebaran di area kamu saat itu.

Untuk registrasi di aplikasi Peduli Lindungi sendiri sangatlah mudah, bahkan lebih mudah dibandingkan Cara Registrasi Kartu Telkomsel. Pengguna hanya perlu menyiapkan no HP lalu juga NIK untuk bisa melakukan registrasi di apalikasi peduli lindungi.

Tutorial & Cara Download Kartu Vaksin

Jika sudah melakukan Vaksinasi maka kamu sudah bisa mengunduh sertifikat vaksinasi di aplikasi Peduli lindungi. Baik itu vaksinasi pertama maupun kedua akan bisa di tampilkan pada aplikasi setelah pengguna berhasil melakukan Vaksinasi.

Meskipun ada beberapa jenis vaksin yang ada, pengguna yang sudah Vaksin sudah pasti akan langsung mendapatkan sertifikat vaksin. Untuk detail selengkapnya sendiri bisa ikuti langkah-langkah mudah dari PROJEKTINO berikut ini.

Cara Cetak Kartu Vaksin Lewat Aplikasi PeduliLindungi

Ada dua cara untuk bisa mencetak kartu vaksin. Baik menggunakan aplikasi ataupun situs pedulilindungi itu sendiri, untuk cetak lewat aplikasi sendiri cukuplah mudah.

Dimana sudah ada menu tersendiri untuk melakukan pencetakan atau download hasil vaksin. Jadinya hanya dengan mengakses menu yang ini pengguna sudah bisa cetak kartu vaksin.

  1. Buka Aplikasi PeduliLindungi.
  2. Pastikan sudah memiliki akun, jika belum silahkan pilih menu Buat Akun.
  3. Ikuti semua langkah yang tertera pada petunjuk aplikasi seperti masukan NIK, NO HP, EMAIL dan Alamat.
  4. Jika sudah memiliki akun dan Vaksinasi pada Halaman Utama pilih Menu Akun.
  5. Pada menu akun ini lanjutkan pilih menu Sertifikat Vaksin.
  6. Lalu pilih nama pengguna pada menu yang tersedia.
  7. Maka akan muncul sertifikat vaksin, silahkan pilih yang mana yang akan di Download.
  8. Untuk Mengunduh pilih menu UNDUH SERTIFIKAT.
  9. Maka dengan otomatis sertifikat akan di Unduh.
  10. Selesai.

Dengan sudah di sediakannya menu sertifikat vaksin pada menu kusus maka akan semakin mempermudah pengguna untuk mengakses sertifikat Vaksin. Setelah di donwload pengguna bisa mencetak atau mungkin hanya menyimpan sebatas gambar.

Cara Cetak Kartu Vaksin Lewat Website PeduliLindungi

Selain bisa mendonwload di aplikasi pedulilindungi pengguna juga bisa download di website nya. Adapun caranya sebenarnya sama mudahnya dengan cara yang pertama.

Asalkan sudah vaksin maka sertifikat vaksin sudah bisa di download baik di aplikasi maupun website. Untuk caranya seperti berikut ini.

  1. Kujungi website https://www.pedulilindungi.id/ via Browser.
  2. Silahkan masukan nomor handphone pada saat proses registrasi vaksinasi.
  3. Jika sudah klik menu Login Sekarang.
  4. Lanjutkan dengan masukan kode OTP yang dikirim ke HP.
  5. Setelah berhasil login, klik kolom NAMA PENGGUNA pada pojok kanan.
  6. Silahkan pilih menu Sertifikat Vaksin.
  7. Dengan otomatis muncul sertifikat vaksin pertama dan kedua.
  8. Pilih sertifikat vaksin lalu klik menu Unduh Sertifikat..
  9. Kamu bisa langsung mencetak kartu vaksin tersebut dengan menggunakan printer dan sejenisnya.
  10. Selesai

Sebenarnya tahapan untuk download sertifikat vaksin di website sama dengan download di aplikasi peduli lindungi. Nantinya hasil unduhan juga bisa kamu cetak atau mungkin hanya sebatas di simpan menjadi gambar saja.

Jadi proses untuk mendownload sertifikat vaksin sendiri hampir bisa di katakan mirip. Dimana aplikasi dan website sudah di rancang sedemikian rupa aggar mudah di akses oleh pengguna aplikasi dan website.

KESIMPULAN

Selain cara diatas kamu juga bisa Cara Download Kartu Vaksin lewat SMS yang dikirimkan setelah melakukan vaksinasi. Dimana SMS ini berisikan link, yang mana jika di klik akan menuju ke sertifikat vaksin pengguna.

Pentingnya sertifikat Vaksin membuat kita memang wajib memilikinya dan membawanya. Terlebih beberapa akses tempat umum haruslah menunjukan kartu vaksin agar bisa masuk atau memiliki akses ke tempat tersebut.

Jadi itu dia beberapa langkah mudah yang perlu kamu lakukan saat akan Download kartu Vaksin di di aplikasi pedulilindungi maupun website pedulilindungi dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat, simak juga Cara Tutup Akun Instagram Permanen Selamanya Lewat Hp pada ulasan sebelumnya dari Projektino.

Tinggalkan komentar