10 Cara Daftar SMS Banking BCA : Biaya & Format SMS Banking

Ada banyak layakan E-Banking yang disediakan Bank BCA. Salah satunya adalah SMS Banking BCA. Layanan ini bisa diakses oleh nasabah yang telah mendaftar di ATM. Nah bagi yang ingin mengetahui cara daftar SMS Banking BCA silahkan simak informasi projektino.com kali ini.

Melalui SMS Banking BCA, nasabah bisa mengetahui informasi perbankan dengan cara mengirimkan format SMS Banking BCA ke nomor 69888. Bertransaksi menggunakan SMS Banking memang mudah, namun setiap transaksi akan dikenakan biaya. Selain itu SMS Banking BCA tidak bisa digunakan untuk transfer.

Kegunaan utama SMS Banking BCA hanya untuk transaksi non-finansial seperti mutasi rekening, mengecek sisa saldo, informasi kurs, informasi deposito, informasi limit kartu kredit, dll. Apabila ingin transfer kami sarankan menggunakan fasiltias M-Banking BCA.

Sama halnya dengan SMS Banking BCA, nasabah harus terlebih dahulu mendaftar agar bisa menggunakan M-Banking. Nah untuk mengetahui caranya silahkan simak informasi berikut “Cara Daftar M-Banking BCA“.

Mungkin sebagian besar nasabah Bank BCA lebih memilih menggunakan M-Banking dibanding SMS Banking. Namun sebenarnya SMS Banking memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki M-Banking. Keunggulan yang utama adalah bisa diakses di semua jenis handphoen dan smartphone.

Berbeda dengan M-Banking yang membutuhkan internet, SMS Banking bisa diakses tanpa perlu terkoneksi ke Internet. Alhasil layanan perbankan ini bisa digunakan untuk bertransaksi di mana saja dan kapan saja. Selain itu, SMS Banking bisa diakses di semua operator.

Meskipun transaksi yang dilakukan terbatas hanya untuk transaksi non-finansial, namun tidak ada salahnya mengaktifkan layanan ini. Nah untuk mengetahui cara daftar SMS Banking BCA silahkan mengikuti setiap langkah yang kami sampaikan pada artikel berikut.

Cara Daftar SMS Banking BCA

Pendaftaran SMS Banking BCA dapat dilakukan di semua gerai ATM BCA. Sebelum mendaftar pastikan sudah memiliki nomor handphone yang aktif. Anda bisa menggunakan SIM Card dari berbagai operator seperti Telkomsel, Indosat, Tri, Axis Smartfren, dan XL.

Sayangnya cara daftar SMS Banking BCA tidak bisa dilakukan lewat hp. Jadi mau tidak mau anda harus datang ke gerai ATM BCA terdekat. Untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan SMS Banking BCA, silahkan simak informasi di bawah ini.

  1. Datang ke Gerai ATM BCA terdekat
  2. Masukan kartu ATM BCA
  3. Masukan 6 Digit PIN ATM
  4. Kemudian pilih Menu Daftar E-Banking/Autodebet”
  5. Selanjutnya pilih menu SMS BCA
  6. Setelah itu akan muncul informasi mengenai syarat dan ketentuan pengguna SMS Banking BCA. Silahkan pilih YA untuk melanjutkan pendaftaran SMS Banking BCA.
  7. Berikutnya masukan nomor handphone yang digunakan untuk bertransaksi menggunakan SMS Banking BCA. Pastikan nomor yang digunakan dalam keadaan aktif. Jika sudah, silahkan pilih Benar
  8. Langkah selanjutnya, buat 4 Digit Kode Akses yang nantinya digunakan untuk bertransaksi via SMS Banking BCA. Jika sudah, pilih Benar
  9. Kemudian muncul konfirmasi nomor hp. Silahkan pilih Ya untuk memastikan bahwa nomor handphone yang dimasukan merupakan milik anda.
  10. Setelah itu tinggal menunggu transaksi sukses. Jika sukses anda akan mendapatkan struk bukti pendaftaran SMS Banking BCA telah berhasil.

Silahkan mengikuti cara daftar SMS Banking BCA di atas. Setelah sukes melakukan pendaftaran di ATM maka layanan perbankan ini bisa langsung digunakan untuk bertransaksi.

Biaya SMS Banking BCA

Cara daftar SMS Banking BCA memang sangat mudah. Sebab nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang untuk mengaktifkan layanan perbankan tersebut. Namun sayangnya SMS Banking BCA hanya bisa digunakan untuk transaksi non-finansial dan setiap transaksi akan dikenakan biaya.

Transaksi menggunakan SMS Banking BCA akan memotong pulsa dengan tarif GSM berkisar Rp. 500 – Rp. 1.670, sudah termasuk PPN 10%. Tarif tersebut merupakan biaya SMS yang dikirim dan SMS yang diterima oleh nasabah.

Biaya SMS Banking BCA berbeda setiap operator. Bagi pengguna Telkomsel akan dikenakan biaya SMS dikirim dan diterima dengan tarif Rp. 300/sms sampai dengan Rp. 1.320/sms. Sedangkan untuk pengguna Indosat dikenakan biaya Rp. 400/sms sampai dengan Rp. 600/sms. Lalu untuk provider Smarfren dikenakan tarif Rp. 150/sms sampai dengan Rp. 1.000/sms.

Meksipun bertransaksi menggunakan SMS Banking BCA tidak gratis, namun layanan perbankan ini bisa menjadi solusi bagi nasabah yang tidak memiliki smartphone Android ataupun iPhone. Sebab SMS Banking BCA bisa diakses disemua jenis handphone dan smartphone tanpa perlu koneksi internet.

Cara SMS Banking BCA

Setelah mengetahui biaya SMS Banking BCA, sekarang mari kita membahas mengenai cara bertransaksi menggunakan layanan perbankan tersebut. Ada dua cara yang bisa anda gunakan. Yang pertama adalah menggunakan format SMS Banking BCA yang dikirimkan ke nomor 69888.

Kemudian cara yang kedua adalah dengan melakukan panggilan ke *141#. Namun kode USSD tersebut hanya bisa diakses oleh pengguna operator XL, Telkomsel dan Indosat. Untuk pengguna Indosat juga bisa mengakses SMS Banking dengan melakukan panggilan ke *222#.

Bagi yang menggunakan provider selain Telkomsel, Indosat dan XL maka harus mengakses SMS Banking melalui format SMS Banking BCA. Nah bagi yang ingin mengetahui formatnya, silahkan simak di bawah ini.

Format SMS Banking

Ada banyak format SMS Banking BCA dengan fungsi berbeda-beda. Anda cukup mengetikan format tersebut ke menu SMS yang ada di handphone, lalu kirim ke nomor 69888. Setelah itu anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi mengenai transaksi yang dilakukan. Untuk mengetahui apa saja formatnya, silahkan simak tabel di bawah ini.

JENIS TRANSAKSI FORMAT SMS BANKING BCA CONTOH
Informasi Saldo Saldo(SPASI)(KODE akses) SALDO 1234
Mutasi Rekening Mutasi(SPASI)(KODE akses MUTASI 1234
Mutasi Rekening Lebih Dari 1 Rekening Mutasi(SPASI)(KODE akses)(SPASI)(NO.REK) MUTASI 1234 1234567890
Info Kurs USD Kurs (spasi)(kode akses) KURS 1234
Info Kurs Semua Mata Uang Kurs(spasi)(tiga digit sandi mata uang)(spasi)(kode akses) KURS SGD 1234
Info Deposito Deposito(spasi)(no. bilyet)(spasi)(kode akses) DEPOSITO 123456 1234
Registrasi Informasi Kartu Kredit Reg(spasi)KK(spasi)(kode akses)(spasi)(nomor kartu kredit/nomor customer) REG KK 1234 1234567890123456
Informasi Limit Kartu Kredit Limit(spasi)(kode akses) LIMIT 1234
Informasi Tagihan Kartu Kredit Tagihan(spasi)(kode akses) TAGIHAN 1234
Informasi Transaksi Kartu Kredit Transaksi(spasi)(kode akses) TRANSAKSI 1234
Pembelian Pulsa Isi Ulang Pulsa(spasi)(nominal dalam ribuan) (spasi)(kode akses) PULSA 100 1234
Informasi format SMS HELP HELP
Informasi Bantuan HELP(spasi)SMSBCA HELP SMSBCA
Informasi Keterangan Kata Sandi Transaksi HELP (spasi)(tiga digit sandi transaksi) HELP ADM

Selain format SMS Banking BCA di atas, sebenarnya masih ada beberapa format lainnya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silahkan buka halaman www.bca.co.id/id/Individu/Produk/E-Banking/SMS-BCA.

Kesimpulan

Silahkan mencoba tutorial cara daftar SMS Banking BCA yang kami sampaikan pada artikel projektino.com kali ini. Setelah mencoba tutorial di atas maka anda bisa bertransaksi menggunakan SMS Banking BCA untu cek saldo, cek mutasi, dan beragam transaksi lainnya.

Layanan perbankan ini bisa menjadi solusi bagi yang ingin mengecek saldo rekening BCA dimana saja dan kapan saja. Namun perlu diingat, SMS Banking BCA merupakan layanan perbankan berbayar. Setiap transaksi dikenakan biaya sms kirim dan sms diterima.

Pastikan pulsa mencukupi saat bertransaksi menggunakan SMS Banking. Nah demikianlah informasi pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Aplikasi Terpopuler Di Indonesia” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Tinggalkan komentar