10 Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game Free Fire & PUBG

Macet atau istilah lainnya Lag pada HP Android sering dialami jika penggunaan HP yang sudah terlalu lama. Hal ini terjadi karena banyaknya file sampah dan banyaknya aplikasi yang menghabiskan RAM pada HP Android.

Lag atau macet juga tidak hanya terjadi pada HP saja, namun perangkat PC atau Laptop pun bisa mengalami hal semacam ini. Pastinya akan membuat kesal bagi para penggunanya jika mengalami Lag saat perangkat tersebut digunakan.

Lag biasanya sering terjadi ketika sedang bermain game atau menjalankan aplikasi yang berukuran besar sehingga kinerja pada HP akan menurun dan menjadikan macet atau lag pada HP. Biasanya HP yang sering mengalami lag adalah HP yang memiliki RAM dibawah 2 GB karena RAM yang kecil tersebut sehingga tidak bisa menyimpan lebih banyak file baik itu aplikasi ataupun video.

Jika RAM penuh secara otomatis kinerja HP akan melambat dan menyebabkan HP menjadi lag. Sebab-sebab lain yang membuat HP menjadi lag yaitu, Terlalu banyak aplikasi yang terinstall, Penumpukan cache yang berlebihan.

Virus menyerang sistem, Aplikasi yang berjalan terlalu banyak dan masih banyak penyebab lain yang menyebabkan HP menjadi lag ketika sedang digunakan. Sama halnya dengan HP Yang Di Reset juga bisa kamu praktekan jika ingin memperbaiki sistem ponsel.

Tutorial Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain

Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain GameAkan sangat mengesalkan rasanya jika saat seru bermain game onlin tiba-tiba ponsel menjadi lag atau patah-patah. Untuk mengatasinya tentunya pengguna harus tau Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game, pasalnya ada beberapa cara mudah mengatasi hal tersebut.

Untuk mengatasi HP lag tentunya cara paling mudah adalah dengan mengoptimalkan kinerja ponsel. Setelah mengetahui penyebab-penyebab HP menjadi lag, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya. Caranya yang PROJEKTINO.COM anjurkan adalah sebagai berikut.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game Free FireCara pertama untuk mengatasi HP lag adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak penting. Cara ini dilakukan untuk menambah ruang penyimpanan agar HP menjadi ringan kembali saat digunakan.

Ketika akan menghapus aplikasi juga harus hati-hati jangan sampai aplikasi yang penting ikut terhapus sehingga akan menyebabkan masalah baru pada HP. Berikut adalah cara-cara untuk menghapus aplikasi.

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Cari menu Aplikasi dengan menggulir kebawah.
  3. Setelah itu cari aplikasi yang tidak penting.
  4. Jika sudah ketemu, Tap aplikasi tersebut.
  5. Langkah terakhir adalah Tap pada tulisan “HAPUS INSTALAN” dan aplikasinya sudah berhasil dihapus.

2. Gunakan Aplikasi Antivirus

Cara Agar HP Tidak LagVirus juga bisa menyebabkan HP menjadi lag, maka dari itu sangat direkomendasikan untuk selalu scan antivirus secara berkala agar HP menjadi lancar kembali. Cara untuk melakukan scan ativirus bisa menggunakan aplikasi antivirus bawaan yang biasanya terdapat dalam beberapa tipe HP.

Namun, untuk HP model lama kebanyakan belum memiliki aplikasi antivirus sendiri, jadi untuk menggunakan aplikasi ini harus mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store. Setelah diunduh lalu install dan buka aplikasi tersebut kemudian tinggal ikuti saja langkah-langkah yang terdapat dalam aplikasi tersebut untuk melakukan scan antivirus.

3. Setel Ulang Pabrik atau Factory Reset

Setel Ulang Pabrik atau Factory ResetCara yang satu ini merupakan cara yang paling sering dan yang paling ampuh untuk mengatasi lag pada HP. Namun, cara ini juga memiliki resiko yang besar yaitu bisa menghapus semua data-data yang ada di HP.

Jadi, sebelum melakukan setel ulang pabrik sebaiknya backup terlebih dahulu data-datanya agar data yang penting tidak ikut terhapus saat melakukan cara ini. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka menu Settings.
  2. Kemudian scroll kebawah dan pilih Setelan Tambahan.
  3. Jika sudah, pilih Cadangkan & Setel Ulang.
  4. Setelah itu pilih Kembalikan ke setelan pabrik.
  5. Lalu setel ulang telepon dan HP sudah berhasil kembali ke pengaturan pabrik.

4. Gunakan Memori Tambahan

Gunakan Memori TambahanMenggunakan memori tambahan juga bisa dijadikan sebagai cara untuk mengatasi HP lag. Cara ini sangat cocok untuk HP yang memiliki RAM kecil karena penyimpanan bisa dipindahkan kedalam memori eksternal atau kartu SD.

Dengan kartu SD ini semua file seperti, aplikasi, video, foto dan lainnya bisa disimpan dalam kartu SD sehingga RAM tidak penuh lagi dan kinerja HP pun bisa menjadi lancar kembali. Semakin besar memori yang digunakan semakin banyak pula file yang bisa disimpan dalam kartu SD, jadi lebih baik gunakan kartu SD yang memiliki penyimpanan besar.

Demikian cara-cara untuk mengatasi lag di HP Android. Cara-cara diatas juga merupakan cara yang sering digunakan untuk mengatasi HP lag yang bisa dicoba sebelum membawa ke tempat servis HP.

Jika sudah melakukan cara-cara diatas tapi masih belum mengatasi HP lag, langkah yang terakhir adalah bawa HP tersebut ke tempat servis atau ganti dengan HP yang baru. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Kesimpulan

Jika kamu sedang mengalami ponsel sering lag saat bermain game berat seperti PUBG, Free Fire, CODM dan lainnya maka solusi terdekat untuk mengatasi hp kentang adalah mengoptimalkan perfomannya. Jadi lakukan pengoptimalan terlebih dahulu agar bisa menjakankan game dengan mudah.

Namun saat sudah di optimalkan masih saja lag, jelas solusi paling dekat adalah dengan mengganti unit ponsel. Demikian informasi kali ini baca juga Cara Screenshot Samsung A01 pada artikel sebelumnya dari Projektino.

Rafina Alfian

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar